Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Fitur Browser Chrome Mencegah Anak Terhindar Dari Konten Berbahaya

Di era modern sekarang ini banyak hal yang perlu kita batasi pada anak-anak kita. Misalnya penggunaan gadget atau handphone. Kita pun harus mengetahui mana yang baik dan tidak baik untuk anak kita, seperti konten apa yang anak kita konsumsi di internet karena kita tidak setiap saat dapat mengawasinya.

https://unsplash.com/@bermixstudio
Banyak konten yang memang bermanfaat bagi anak kita dan ada juga yang tidak bermanfaat atau belum saatnya anak kita mengetahuinya. Untuk mencegah hal tersebut kita bisa mencegahnya dari browser yang dipakai untuk mengakses konten di internet. Lalu browser apa yang memiliki fitur lengkap dan aman?

Google Chome Browser

Google Chrome Browser adalah aplikasi browser cross platform yang dibuat dan dikembangkan Google. Dapat digunakan di berbagai macam perangkat, karena tampilannya yang minimalis dan memiliki fitur yang lengkap, hampir setiap pengguna android, iOS atau pc di seluruh dunia menggunakan browser chrome.

Lalu fitur apa yang bermanfaat untuk mencegah anak anda dari konten negatif di internet?

1. Safe Browsing

Apa itu safe browsing? Safe browsing lebih tepatnya penelusuran yang aman. Untuk memastikan anak kita aman saat memakai internet, terapkan fitur safe browsing ini yang berguna untuk terus aktif melindungi anak anda saat menggunakan internet terhadap situs yang berbahaya dan dipandang negatif oleh google. Tidak hanya itu manfaat lain adalah untuk menghindari anak dan kita dari ekstensi file berbahaya yang ada di internet, sekaligus mencegah kebocoran terkait sandi akun yang penting di handphone kita, agar tidak bisa diretas. Untuk mengaktifkan fitur safe browsing,

Kita perlu membuka aplikasi chrome => klik icon titik 3 => Pilih Setelan => Privasi dan Keamanan => dan pilih safe browsing. Ada 3 pilihan di fitur safe browsing :

Perlindungan lebih ditingkatkan (direkomendasikan)

Perlindungan (Standar)

Tidak ada perlindungan (tidak direkomendasikan)

Pastikan kita memilih perlindungan yang ditingkatkan di aplikasi google chrome, agar anak dan kita tetap aman saat menjelajahi dunia internet.

2. Gunakan DNS Bawaan Provider atau DNS Clean Browsing (Family Filter)

DNS (Domain Name Server) bisa dikatakan sebuah sistem yang berfungsi mengubah URL suatu website yang kita kunjungi ke dalam bentuk nomor IP address. Karena jika tanpa peran dns, kita harus harus mengetikan nomor ip address sebuah website ketika kita hendak ingin berkunjung ke suatu website. Itu akan sangat merepotkan bagi kita, sebab kalau seperti itu, kita harus memiliki dan mengingat daftar yang lengkap dari IP address website jika hendak mengunjunginya. Namun dengan peran dns ini, akan lebih mudah dan mempersingkat waktu, yang kita perlu kan hanya mengingat nama domainnya saja dan mengetikkannya di kolom pencarian, kemudian dns akan mengkonversikan domain yang berisi huruf ke dalam IP Address agar komputer memahaminya. Contoh kecilnya jika kita hendak mengakses website milik google, kita hanya perlu mengetikan nama website google.com bukan ip addressnya seperti ini 172.217.0.142 Hal ini sangat berguna untuk membantu, memudahkan, dan mempersingkat waktu yang digunakan.

DNS CleanBrowsing (family filter) dibuat oleh para orang-orang profesional di bidang keamanan untuk anak-anak, teman, keluarga, tujuan mereka membuat dns ini agar data penting yang kita miliki terhindar dari tindak kejahatan seperti pencurian atau kebocoran data, penyalahgunaan data, sekaligus untuk memberikan filter yang kuat pada saat mengakses internet baik itu saat digunakan anak ataupun kita, menyediakan akses dns yang cepat, dan yang paling mereka utamakan adalah privasi keamanan kita terjaga.

Untuk mengaktifkan fitur dns ini. Buka aplikasi google chrome, pergi ke setelan google chrome, pilih privasi dan keamanan dan pilih gunakan dns aman, disitu terdapat 2 pilihan :

Gunakan DNS dari penyedia layanan anda saat ini (provider seluler) dalam hal ini, mungkin dns yang aman tidak akan selalu tersedia sepanjang waktu

Gunakan penyedia lain lalu pilih DNS CleanBrowsing (Family Filter) mungkin dns yang aman akan selalu tersedia supaya privasi kita tetap terjaga, karena tujuan mereka membuatnya adalah untuk memberikan filter internet yang kuat, dns cepat, dan menjaga privasi keamanan kita. Nah, Mungkin itu saja informasi yang dapat diberikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "2 Fitur Browser Chrome Mencegah Anak Terhindar Dari Konten Berbahaya"