Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Agar Smartphone Awet, Dan Tetap Dalam Kondisi Baik

Smartphone Gadget Android atau iOS memang sudah menjadi suatu kebutuhan primer di era modern kehidupan kita, Kenapa? Karena tanpa alat yang satu ini, mungkin kita tidak bisa menjalankan aktivitas kehidupan seperti biasanya, anda tidak bisa berkomunikasi dengan teman, kerabat, keluarga atau bahkan anda tidak bisa berkomunikasi dengan client kerja yang memiliki perbedaan jarak atau tempat yang cukup jauh. Atau bahkan anda tidak bisa kerja dan mencari uang, misalnya pekerjaan yang memang bergantung pada alat canggih ini, seperti pengemudi online ataupun online shop yang diharuskan menggunakan alat canggih ini untuk menghubungi customernya.
https://unsplash.com/@adrien
Namun, apa jadinya jika alat yang digunakan untuk berkomunikasi atau menghasilkan uang setiap hari ini menjadi lemot, hang, kurang responsif, tidak seperti keadaan biasanya jika sedang anda pakai. Berikut beberapa tips untuk menghindari hp anda dari kondisi lemot, hang, dan kurang responsif :

1. Install aplikasi yang hanya digunakan dan dibutuhkan

https://unsplash.com/@pixnum

Pemakaian aplikasi atau game yang di install di smartphone anda, setidaknya akan menambah berat dan memakan beberapa pemakaian ram dan memory internal smartphone anda, jika anda menggunakan atau menginstall begitu banyak aplikasi di smartphone anda yang cenderung jarang dipakai, itu akan menambah berat dan beban pada smartphone, apabila aplikasi tersebut terus berjalan dilatar belakang smartphone. Untuk menghindari hal ini, alangkah baiknya uninstall aplikasi atau game yang memang jarang dan sudah tidak digunakan lagi.

2. Kurangi pemakaian memory internal anda dan kosongkan minimal 2GB-4GB dari total kapasitas memory internal

Pemakaian memory internal cukup berpengaruh pada kinerja dan kecepatan smartphone anda, misalkan jika anda mempunyai puluhan aplikasi dan game dalam smartphone, atau bahkan ribuan file foto, video, arsip itu akan sangat berpengaruh misal ketika anda membuka foto tersebut atau memutar suatu file video, hal tersebut akan menghasilkan suatu cache,thumbnail yang tidak terlihat dan terasa, memakan beberapa kapasitas memory internal smartphone.

3. Jika anda sering mengkoleksi foto-foto hingga ratusan atau bahkan beribu foto, disarankan untuk menggunakan memory eksternal sd card/flashdisk dan menyimpan foto-foto tersebut di dalamnya.

Sama hal nya dengan point nomor 3, mengkoleksi ratusan bahkan ribuan foto/video dalam memory internal smartphone akan memakan sedikitnya kapasitas memory internal anda, karena cache dan thumbnail pada saat anda melihat foto atau video tersebut.

4. Keluarkan atau close aplikasi yang sudah tidak digunakan

https://unsplash.com/@adrien

Bertujuan untuk mengurangi pemakaian ram pada smartphone anda, setidaknya akan memberikan ruang yang kosong.

5. Restart Hp minimal 1x sehari

Jika anda jarang menggunakan aplikasi cleaner, cara ini berguna untuk merefresh smartphone anda, restart hp sebelum anda gunakan di waktu pagi hari.

6. Jangan charge hp sampai full 100%

Hal ini akan berpengaruh pada daya tahan baterai, agar tidak overchage atau shorts arus pendek pada baterai smartphone, memungkinkan baterai tetap awet.

7. Jangan di tinggalkan tidur pada saat smartphone dalam kondisi di charge pada malam hari

https://unsplash.com/@alio2

Sama seperti point nomor 5, charger smarphone di waktu malam, kemudian anda lupa dan ketiduran,ini sangat buruk, meskipun smartphone anda memiliki teknologi smartcharging, lalu bagaimana jika smartcharging smartphone anda rusak atau tidak berfungsi dengan baik, karena perilaku ini?  Nah untuk menghindari hal tersebut, charger smartphone dimalam hari sebelum pergi tidur, atau pagi hari sebelum berangkat bekerja dan beraktivitas.

8. Gunakan aplikasi Cleaner atau pembersih cache

Bertujuan untuk membersihkan file cache, atau file yang tidak diperlukan smartphone anda, mengurangi beban dan memberikan ruang kosong pada memory internal. Rekomendasi cleaner untuk smartphone bisa anda gunakan CCleaner atau SD Maid yang ringan dan efektif.

9. Jangan simpan hp di dekat atau diatas barang-barang elektronic lain seperti tv, lemari es, komputer

Daya magnetik akan berpengaruh buruk pada kinerja smartphone, atau mengurangi daya tahan komponen hardware di perangkat smartphone.

10. Jangan gunakan hp saat di charge misal untuk bermain game

Bermain game atau mengoperasikan smartphone dalam keadaan di charger, ini buruk karena akan berdampak pada daya tahan baterai anda seperti konsletting serta menambah efek radiasi yang besar dan berdampak buruk pada kesehatan anda.

11. Gunakan charger yang standar atau bawaan, tidak melebihi kapasitas output daya

Jika anda memiliki chargeran yang berkapasitas output 2A kemudian dalam suatu waktu anda mengganti charger anda dengan charger yang memiliki ouput 3-4A

Ini akan berdampak buruk pada baterai dan smartphone anda, memungkinkan shorts arus pendek di smarphone, atau touchscreen layar jadi kurang responsif, dan bisa saja layar smartphone anda sering mengalami ghost touch.

Nah, itu saja mungkin tips dari kami, gunakan gadget sewajarnya, lebih pandai dalam menggunakan smartphone untuk terus menjadi smartpeople. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "11 Cara Agar Smartphone Awet, Dan Tetap Dalam Kondisi Baik"